PESAN CEPAT
082217852882

Pendatang Comiket Berkurang Puluhan Ribu Setiap Tahunnya, Ada Apa Gerangan?

Pendatang Comiket Berkurang Puluhan Ribu Setiap Tahunnya, Ada Apa Gerangan?

Comiket dikenal sebagai acara doujinshi kreatif paling besar di dunia, dan sampai sekarang saya rasa belum ada acara lain yang dapat menyamainya. Namun ada yang membingungkan saat melihat angka pengunjung yang datang ke Comiket setiap tahunnya. Kenapa? Karena angka pengunjung sepertinya selalu hilang sampai ratusan ribu setiap tahunnya, ada apa gerangan?

Laporan pendatang Comiket 92 baru saja keluar, hari ketiga berhasil mendatangakan 190.000 orang dengan total pendatang acara C92 sampai 500.000 orang. Tentu, jumlah tersebut bukan jumlah yang sedikit, namun tetap saja jauh lebih sedikit dari pengunjung C90 tahun lalu. Tahun lalu, C90 berhasil mendatangkan 210.000 pengunjung di hari ketiga dengan total 530.000 pengunjung.

Sayangnya angka tersebut juga ternyata jauh lebih sedikit dari C88 yang berhasil mendatangkan 550.000 pengunjung.

Kenapa angka ini terus berkurang padahal sepertinya semakin banyak teman saya yang bisa ‘pergi haji’ ke Comiket setiap tahunnya? Beberapa netizen berbicara karena suhu yang terlalu panas di acaranya sehingga mereka tidak ingin pergi. Ada juga yang berpendapat karena sekarang doujinshi juga tersedia di pasar lokal (Toranoana/Melon Books) maka tidak perlu lagi pergi ke Comiket. Tapi ada juga yang berkata, “30.000 orang ‘lulus’ dari predikat otaku, itu hal yang baik kan?”.

Sepertinya memang banyak faktor yang membuat pengunjung berkurang setiap tahunnya, jangan lupa di antara 500.000 orang tersebut juga ada yang datang selama 3 hari berturut-turut untuk melihat semua pamerannya. Kira-kira apa ya yang membuat orang tidak tertarik untuk datang lagi?